oleh

Sebelum Memutuskan Studi ke Luar Negeri, Simak Persyaratan yang Wajib Dilengkapi

kalimantanlive.com – Belajar di luar negeri mungkin menyenangkan karena bisa mendapat pengalaman baru.

Tapi untuk bisa menuntut ilmu di negara orang, harus ada berbagai persyaratan yang harus dipenuhi, apa saja itu? Simak penjelasannya.

  1. Memiliki Sertifikat Tes Bahasa

Kalau ingin melanjutkan studi di luar negeri, pastinya kita harus memiliki kemampuan berbahasa yang baik terutama bahasa Inggris yang merupakan bahasa nomor 1 di dunia.

Lalu, bagaimana kamu bisa menunjukkan kemampun bahasamu ini ke pihak universitas? Tentu saja melalui skor yang kamu dapatkan dari hasil tes sertifikasi bahasa, misalnya seperti TOEFL dan IELTS untuk tes bahasa inggris.

Kebanyakan universitas di Amerika mewajibkan calon mahasiswanya untuk memiliki sertifikat TOEFL.

Sedangkan negara-negara di Eropa lebih mengutamakan sertifikat IELTS.

Nah, supaya lebih valid, kamu bisa langsung mencari informasi dari pihak universitas-nya langsung mengenai jenis tes bahasa apa yang berlaku di universitas tersebut dan berapa minimal skor yang harus dicapai.

BACA JUGA: Menunggu Kepastian Kapan Jemaah Haji dan Umrah Indonesia Berangkat, Ketua Komisi VIII: Lobi ke Riyadh

  1. Punya Nilai Akademis yang Mumpuni

Sama halnya seperti masuk ke universitas pada umumnya, mereka pasti akan mencari mahasiswa yang nilai akademisnya mencukupi untuk masuk ke jurusan yang dipilih.

Misalnya jika kamu ingin mengambil jurusan sastra bahasa, pastinya pihak universitas akan melihat terlebih dahulu bagaimana hasil pelajaran bahasamu di sekolah dulu untuk memastikan bahwa kamu memang berminat di jurusan ini.

Namun jika kamu memilih untuk lintas jurusan, maka kamu wajib memberikan dokumen tambahan seperti hasil tes, sertifikat prestasi, piagam penghargaan, maupun portofolio untuk meyakinkan pihak universitas.

  1. Kelengkapan Berkas-Berkas yang Diminta

Beda universitas pastinya akan berbeda juga persyaratan dokumennya.

Jadi sebelum mulai mendaftar, pastikan dulu bahwa kamu sudah menyiapkan semua berkas yang diminta oleh pihak universitas.
Berkas-berkas yang umumnya diminta yaitu surat motivasi, transkrip nilai, data diri, dan berkas lainnya yang akan dipakai untuk pendataan pada saat pendaftaran.