oleh

VESPA Langka di VWD 2022 Bali, Terbuat dari Bahan Tembaga, Harganya Rp 1 Miliar

BALI, KALIMANTANLIVE.COM – Sepeda motor Vespa hasil replika yang dibuat dari tembaga di Acara Vespa World Days (VWD) 2020/22, Bali dijual seharga Rp1 miliar.

Vespa replikasi yang dibuat dengan dasar model Vespa 98 produksi tahun 1946 ini bertengger di booth milik Zhafari Part & Build.
Workshop motor replika yang juga menjual suku cadang Vespa ini bermarkas di Gianyar, Bali.

# Baca Juga :Hasil Kualifikasi MotoGP Spanyol: Aleix Espargaro Pole Position, Asapi Bagnaia dan Quartararo

# Baca Juga :Calya-Sigra Kuasai Pasar LCGC Indonesia Maret 2022, Ini Posisi Honda Brio?

# Baca Juga :Pakai Mesin Yamaha, Inilah Mobil Listrik Subaru STI E-RA yang Masih Berstatus Konsep

# Baca Juga :Kejar Target Capaian Vaksinasi di Balangan, Polsek Juai Siapkan Hadiah Sepeda Motor

“Jadi ceritanya, temen UMKM dari Jepara, dia ingin memeriahkan Vespa World Day di Indonesia, berpikiran Vespa dari tembaga di dunia belum ada,” kata pemilik workshop Zhahari Part & Build Beni Abeng, soal menceritakan awal mula pembuatan motor ini, di venue utama VWD, Vespa Village, Jumat (10/6).

Sebelumnya sudah pernah ada motor Vespa yang dibuat dari material unik lain, seperti emas, kayu, dan stainless. Ide untuk membuat dari tembaga pun muncul.

“Yang dari emas ada yang di Thailand, yang dari kayu banyak, yang dari stainless juga ada,” ujar Beni.

“Dia berpikiran untuk ‘bagaimana kalau dibuat dari tembaga?'” imbuhnya.

Vespa yang tampak berkilau ini disebut Beni memiliki tingkat kemiripan 90 persen dengan motor aslinya.

“Dia punya originalnya, tapi tipenya lain sama yang ini. Bodinya sama, tapi cara kerjanya ini pake tongkat, jadi enggak pake kabel, masih pake tongkat, masih jadul,” terang Beni.

Vespa unik ini dibuat dengan waktu pengerjaan sekitar dua bulan dan dikerjakan oleh empat orang. Sayangnya, mesin pada Vespa ini belum sempat dicoba dinyalakan.

Di luar skuter terbuat dari tembaga itu, VWD 2022 menampilkan pula 58 Vespa langka dan unik di dalam Gedung Art Bali, di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali.

“Ada 58 yang kita tampilkan di museum Vespa World Days 2022 ini,” kata Bambang Priambodo selaku Koordinator Museum Vespa saat ditemui di Gedung Art Bali, Jumat (10/6).

Ia menerangkan skuter Vespa yang ditampilkan ada yang keluaran tahun tahun 1949 seperti Vespa Bacchetta dan juga yang tahun 2021 seperti Vespa Sprint 150 i-get dan limited edition.

“Museum Vespa ini bagian dari event acara Vespa World Days. Kita sudah buka dari tanggal 9 Juni sampai tanggal 12,” imbuhnya.

Bambang menyebutkan 58 unit skuter vespa ini pemiliknya adalah orang Indonesia yang datang dari berbagai daerah untuk dipamerkan dalam event Vespa World Days di Bali.

“Kalau pemiliknya semuanya orang Indonesia. Jadi, ini vespa yang dimiliki oleh orang Indonesia dan ada di Indonesia memang dikoleksi di Indonesia. Ada dari Medan, Jawa dan Bali tapi sebagian besar memang ada di wilayah Jawa,” kata dia.

News Feed