oleh

1 Juli, Gaji ke-13 PNS Cair, Sri Mulyani Siapkan Rp34 Triliun

JAKARTA, KALIMANTANLIVE.COM – Pembayaran gaji ke-13 bagi para pegawai negeri sipil atau PNS dipastikan dilakukan mulai 1 Juli 2022 nanti.

Seperti dikutip di CNNIndonesia.com, kepastian pencairan gaji ke-13 itu disampaikan langsung oleh Direktur Pelaksanaan Anggaran DJPb Kemenkeu Tri Budhianto.

“Mulai 1 Juli sudah bisa dicairkan sesuai ketentuan,” kata Tri Budhianto, Selasa (21/6/2022).

# Baca Juga :GAJI ke-13 Cair Tanggal Ini! Sri Mulyanai Sebut Kisi-kisi dan Alokasi Dananya

# Baca Juga :Gaji ke-13 Juli 2022 Kapan Cair? Menkeu Sri Mulyani Sebut Jadwal dan Besarannya

# Baca Juga :Presiden Jokowi Umumkan Gaji ke-13 dan THR PNS 2022, Plus Bonus Tunjangan Kinerja 50 Persen

# Baca Juga :Sri Lanka Kehabisan Bensin, Tak Bisa Impor karena Tak Punya Dollar, Maskapai Dijual & Pegawai Tak Digaji

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengaku menyiapkan anggaran sebesar Rp34 triliun untuk pembayaran gaji ke-13 pegawai negeri sipil (PNS) dan juga pensiunan.

Menurutnya, anggaran ini sama dengan yang digelontorkan untuk Tunjangan Hari Raya (THR) PNS bulan lalu.

“(Anggaran gaji ke-13) persis seperti THR,” ujarnya saat ditemui usai rapat dengan DPD RI yang dikutip Kamis (9/6).

Anggaran THR tahun lalu ditetapkan sebesar Rp34,3 triliun.

Dana itu akan disebar kepada PNS yang ada di Kementerian/Lembaga (K/L) sebesar Rp10,3 triliun, kepada PSN daerah Rp15 triliun serta untuk pensiunan sebesar Rp9 triliun.

Bendahara negara ini memastikan bahwa pencairan gaji ke-13 akan dilakukan sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 16 tahun 2022 yang diturunkan ke Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 5 tahun 2022 Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya dan Gaji Ketiga Belas.

“Perpresnya kan sudah ditetapkan, biasanya mengikuti tahun ajaran sekolah baru saja. Ini kan anak-anak mulai libur minggu depan. Kemudian, satu bulan, Juli. Tahun (ajaran) baru, sekolah sebelum itu biasanya kami cairkan,” jelasnya.

Dalam PMK Nomor 5 disebutkan bahwa besaran gaji ke-13 yang dibayarkan sama dengan komponen penghasilan yang diterima pada bulan Juni 2022.

Tahun ini, gaji ke-13 akan diberikan berdasarkan komponen gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan dan tunjangan jabatan, serta 50 persen tunjangan kinerja.

editor : NMD
sumber : CNN Indonesia

News Feed