oleh

Hari Jadi Ke-72 Kalsel, Paman Birin Ingin Permainan Tradisional Banjar Dicintai Masyarakat

BANJARMASIN, KALIMANTANLIVE.COM – Puncak peringatan Hari Jadi ke-72 Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) bakal dimeriahkan dengan Festival Olahraga Tradisional Banjar secara massal.

Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor menginginkan lewat festival ini permainan tradisional bisa dicintai dan dimainkan masyarakat Banua.

# Baca Juga :Bangkitkan Kesenian Damarwulan, Taman Budaya Kalsel Bakal Melakukan Upaya Ini

# Baca Juga :Saksikan Laga Barito Putra vs Borneo FC di Piala Presiden 2022, PWI Kalsel Gelar Nonbar

# Baca Juga :Kesepakatan Pengusaha Kalsel dan Mesir Hasilkan Investasi Rp178 Miliar, Ini Tanggapan Pemprov

# Baca Juga :Bank Kalsel Finalisasi Raperda Penyertaan Penambahan Modal Pemprov Kalsel

“Ini adalah keinginan dan intruksi langsung Gubernur agar permainan tradisional bisa kita mainkan lagi dan dicintai masyarakat, ditengah pesatnya kemajuan zaman,” kata Kepala Dinas Pemuda Dan Olahraga Provinsi Kalsel, Hermasyah usai rapat awal kesiapan peringatan hari jadi ke-72, di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin, Kamis (23/6/2022).

Sedangkan untuk lokasi permainan dan olahraga tradisional ini, rencananya akan dilaksanakan mulai dari taman siring 0 km hingga sepanjang jalan Lambung Mangkurat.

“Kita juga sudah rapat dengan mengundang pihak terkait, seperti bank, perhotelan dan instansi lainnya, untuk kelancaran acara tersebut nanti, disepanjang lokasi itu, alhamdulilah mereka semua mendukung,” ujarnya.

Untuk sementara ada 17 cabang permainan dan olahraga tradisional yang akan memeriahkan Puncak Hari jadi Provinsi Kalsel ke-72 tanggal 14 Agustus mendatang.

Adapun, permainan dan olahraga tradisional Banjar yang akan dimainkan memperebutkan piala Paman Birin itu, seperti balogo, bagasing, asinan, egrang dan lainnya.(MC Kalsel/tgh)

editor : NMD
sumber : diskominfomc.kalselprov.go.id

 

News Feed