oleh

PERINGATAN Dini Cuaca 32 Wilayah Jumat 2 Desember, BMKG: Hujan Deras di Kotabaru dan Tanah Bumbu

KALIMANTANLIVE.COMBadan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis kondisi cuaca 32 wilayah di Indonesia hari ini, Jumat (2/12/2022)

Dikutip di laman resmi bmkg.go.id, BMKG memprediksi ada potensi hujan lebat dengan intensitas >50 mm/hari di beberapa wilayah di Indonesia.

Untuk wilayah Kalimantan Selatan, BMKG mengeluarkan Peringatan Dini sebagai berikut: “Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada siang/sore hari di wilayah Kabupaten Kotabaru, Tanah Bumbu, dan sekitarnya”.

# Baca Juga :Prediksi Cuaca 32 Provinsi 1 Desember 2022, BMKG: Kalsel Berpotensi Hujan Lebat, Petir & Angin Kencang

# Baca Juga :Prakiraan Cuaca 33 Kota di Indonesia Rabu 30 November 2022, BMKG: Banjarmasin Hujan Petir

# Baca Juga :Prakiraan Cuaca 33 Kota di Indonesia Hari Ini, 29 November 2022, BMKG: Banjarmasin & Palangka Hujan

# Baca Juga :Prakiraan Cuaca di 33 Kota, Senin 28 November 2022, BMKG: Jakarta Pusat Berawan, Ambon Hujan Ringan

Selain itu, BMKG memberikan peringatan dini pada prakiraan cuaca hari ini agar masyarakat waspada akan datangnya potensi hujan lebat di wilayah : Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatra Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku dan Papua.

BMKG juga memberikan pringatan dini akan datangnya potensi angin kencang di wilayah : Aceh, Sumatra Selatan, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Papua.

Bahkan, BMKG mengingatkan adanya potensi datangnya banjir di beberapa wilayah, seperti, Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatra Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku dan Papua.

Beberapa wilayah menurut prakiraan cuaca BMKG hari ini yang perlu mewaspadai potensi hujan badai adalah wilayah Sulawesi Utara, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, Yogyakarta, Nusa Tenggara Timur, Papua, Riau, Sulawesi Selatan, Aceh, Bengkulu, Gorontalo, Papua Barat, Jambi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kepulauan Riau, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur.

BMKG menyebutkan, potensi bibit siklon tropis 90W terpantau di Samudra Pasifik sebelah utara Papua Barat dengan kecepatan angin maksimum sekitar 15 knot dan tekanan minimum 1007 mb yang bergerak ke arah barat.

Potensi sistem ini untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan berada pada kategori rendah.

Bibit Siklon Tropis 95S terpantau di Teluk Carpentaria dengan kecepatan angin maksimum sekitar 20 knot dan tekanan minimum 1005 mb yang bergerak ke arah timur-tenggara.

Potensi sistem ini untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan berada pada kategori rendah. Sirkulasi Siklonik terpantau di wilayah Malaysia bagian timur yang membentuk daerah konvergensi yang memanjang di wilayah Laut Natuna bagian timur.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin, dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah bibit siklon tropis sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

News Feed