oleh

DPRD Kalsel Tetapkan Tiga Perda Baru, Gubernur Sahbirin Noor Berjanji Segera Keluarga Perkada

BANJARMASIN, Kalimantanlive.comGubernur Kalsel Sahbirin Noor mengatakan akan segera mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) atau Peraturan Pemerintah Daerah untuk menindaklanjuti tiga buah Perda yang telah ditetapkan DPRD Kalsel pada Rapat Paripurna di Rumah Banjar, Rabu (11/1/2023).

“Sesudah aturan ini, maka Pemprov Kalsel akan menindaklanjuti segera membuat Peraturan Kepala Daerah (Perkada), yakni Peraturan Gubernur (Pergub),” katanya kepada awak media usai rapat paripurna di DPRD Kalsel, .

BACA JUGA:
Gubernur Kalsel Bangga Jadikan Rumahnya Tempat Haul ke-18 Guru Sekumpul

Rapat Paripurna dengan agenda Pengambilan Keputusan DPRD Provinsi Kalsel terhadap Raperda Tentang Pengakuan dan Perlindungan Masyarakat Hukum Adat, Peternakan dan Kesehatan Hewan Berkelanjutan, serta Perubahan Kedua atas Perda nomor 11 tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Provinsi Kalsel, Rabu (11/1/2023) dipimpin Ketua DPRD Kalsel H Supian HK.

Rapat Paripurna dihadiri Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, jajaran Forkopimda Kalsel, para Kepala SKPD, alim ulama dan undangan.

Ketua Pansus Pembahas Raperda Pengakuan dan Perlindungan Masyarakat Hukum Adat HM Lutfi Saifuddin, berharap dengan dibentuknya Perda, permasalahan yang dihadapi masyarakat hukum adat seperti hak tanah, wilayah, budaya, dan sumber daya alam yang diperoleh secara turun-temurun bisa pendapatkan solusi.

Aris Gunawan, jubir Pansus Raperda Peternakan dan Kesehatan Hewan Berkelanjutan mengatakan, Raperda itu bertujuan untuk melindungi dan meningkatkan kualitas sumber daya hewan, menyediakan pangan yang aman, sehat, utuh dan halal, meningkatkan kesehatan hewan, masyarakat dan lingkungan, serta meningkatkan usaha peternakan.