oleh

60 Anggota PPS Dilantik, Tugas Mengawal Pemilu Serentak 2024 di Banjarbaru

BANJARBARU, KALIMANTANLIVE.COM – Ketua KPU Kota Banjarbaru, Hegar Wahyu Hidayat telah melantik dan mengambil sumpah/janji anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS), bertempat di Aula Gawi Sabarataan, Balai Kota Banjarbaru, Selasa (24/01/2023).

Total sebanyak 60 anggota yang dilantik untuk persiapan pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 di Kota Banjarbaru.

# Baca Juga :Pemko Usulan 3 Raperda Baru, Fraksi DPRD Banjarbaru Bakal Membahas ke Tingkat Pansus

# Baca Juga :Pemkot Banjarbaru Raih Predikat Kepatuhan Standar Pelayanan Publik dari Ombudsman RI

# Baca Juga :DKP Kalsel Ingin Pemkab dan Pemko Siapkan Dana Talangan Beli Gabah Langsung ke Petani

# Baca Juga :Pemko Banjarbaru Lahir Raperda Baru, Tujuannya Lindungi Area Pertanian di Kota Idaman

Dalam pelantikan ini terlihat hadir Wakil Wali Kota Banjarbaru Wartono yang ikut serta menyaksikan pelantikan menyampaikan, para anggota PPS harus transparan dan bekerja sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

“Jadi harapan kami (Pemerintah Kota Banjarbaru) PPS yang baru saja dilantik ini bisa bekerja dengan profesional, dan PPS bisa melayani dengan baik kepada masyarakat yang ingin memberikan hak suaranya,” ujarnya.

Berdasarkan Pasal 19 UU Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum, KPU Kota Banjarbaru mempunyai tugas dan wewenang untuk membentuk badan penyenggaraan Adhoc, PPK, PPS dan KPPS pada penyelenggaran Pemilihan Umum dalam wilayah kerjanya.

Tahapan pembentukan Panitia Pemungutan Suara (PPS) ini merupakan tahapan yang kedua dari tugas KPU Kota Banjarbaru dalam melaksanakan pembentukan badan penyelenggara Adhoc, setelah sebelumnya pada tanggal 4 Januari 2023 telah membentuk dan melantik Panitia Pemilihan Kecamatan PPK.

“Untuk anggota PPS dua hari kedepan pada tanggal 26 Januari sudah membuka pendaftaran Petugas Pemutakhiran Data Pemilih yang bekerja selama sebulan. Dan mereka juga akan bertugas untuk sekretariat,” ucapnya Ketua KPU Kota Banjarbaru, Hegar Wahyu Hidayat.

Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 merupakan momentum penting bagi sejarah perjalanan dan perkembangan demokrasi Bangsa. Pemilu yang merupakan sarana perwujudan kedaulatan rakyat, wajib untuk dipastikan bisa berjalan dengan baik sesuai dengan jadwal dan tahapan yang telah ditetapkan. Serta diselenggarakan dengan langsung, umum, bebas, jujur dan adil.(*/kalimantanlive.com)

editor : NMD
sumber : mediacenter.banjarbarukota.go.id

News Feed