oleh

Gubernur Kalsel Dorong Pemanfaatan Mobil KIE untuk Meminimalisir Dampak Bencana di Masyarakat

BANJARMASIN, KALIMANTANLIVE.COM – Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Kalasa BPBD) Kalsel, R Suria Fadliansyah melalui Pelaksana Harian (Plh) Kalaksa BPBD Kalsel, Bambang Dedi Mulyadi akan terus mendukung arahan pimpinan dalam hal ini Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor.

“Kita di BPBD akan selalu mendampingi kegiatan-kegiatan pimpinan, sesuai dengan tupoksi utamanya, termasuk di bidang kami kesiapsiagaan dan pencegahan tentunya setiap kegiatan itu peran kami akan mengoperasionalkan aset yang ada, termasuk pemanfaatan mobil Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) dapat dioperasikan untuk memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat,” sebut Bambang Dedi Mulyadi, Jumat (31/3/2023).

# Baca Juga :Lewat Komando Paman Birin, Tim Kesehatan Bergerak Cepat Beri Layanan Kesehatan Kepada Korban Banjir

# Baca Juga :Pemprov Kalsel Bakal Anggarkan Dana Perbaikan Sekolah yang Terdampak Banjir di Banjar dan HSS

# Baca Juga :Pemprov Kalsel Turun ke Lokasi Banjir di Kabupaten Banjar, Serahkan Batuan Makanan

# Baca Juga :Banjir Landa Banjar, Batola, HST, HSU dan Balangan, BPBD Kalsel Sebut Aman Terkendali

Sehingga, informasi mengenai pencegahan terhadap kebencanaan dapat dilakukan setidaknya meminimalisir kemungkinan dampaknya bagi masyarakat.

“Berbeda dengan instansi lainnya seperti Dinas Sosial, mereka berperan dari sisi distribusi bantuan, sedangkan kami tentunya bagaimana penanggulangannya,” lanjutnya.

Dijelaskan, BPBD juga bisa menyesuaikan untuk pengadaan logistik yang perlu dibantu ketika pimpinan meninjau banjir.

“Kami ada peran di situ untuk bantuan logistik, termasuk beberapa bidang lain, ada bidang 3 rehabilitasi dan rekonstruksi, bidang 2 kedaruratan dan logistik, bidang 1 pencegahan dan kesiapsiagaan,” tambahnya.

Khusus bidang 1 ini dalam hal pemberian edukasi dini kepada masyarakat dan untuk lebih mengenal kebencanaan, pencegahannya, dan penanganan.(diskominfomc.kalselprov.go.id)

editor : NMD