oleh

Karhutla Mengancam Tiga Desa Kabupaten Banjar, Tim Gabungan Berjuang Lawan Kobaran Api Dekat Rumah Warga

MARTAPURA, Kalimantanlive.com – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang membakar vegetasi jerami padi terjadi di Desa Melayu Kecamatan Martapura Timur Kabupaten Banjar, Rabu (8/11/2023) siang.

Tim gabungan dari posko induk penanggulangan darurat bencana di Indrasari langsung ketempat kejadian setelah menerima laporan.

Tim gabungan di posko induk terdiri dari BPBD Banjar, PMI, EBR, BPK Combat, BPK Kulawarga juga dibantu jajaran Polsek Martapura Timur, BPK Abulung dan BPK Mekar langsung tangani kobaran api yang semakin menjadi.

BACA JUGA: Bupati Banjar Dorong Desa Wisata untuk Kemajuan Ekonomi dan Kelestarian Budaya dalam Rapat Paripurna

BACA JUGA: Korpri Kabupaten Banjar Gelar MTQ Tahun 2023 untuk Membina Spiritual dan Prestasi ASN

Proses pemadaman oleh tim gabungan sedikit terkendala dengan jauhnya titik api, sehingga petugas harus menempuh jarak ratusan meter membawa mesin alkon untuk mendekati titik api. Tiupan angin cukup kencang juga menjadi penyebab cepat meluasnya luasan lahan yang terbakar.

“Jauh ditengah, kita jalan kaki bawa mesin menuju titik api,” ucap Hendra petugas BPBD Banjar.

Kobaran api juga sempat mendekati rumah warga yang jaraknya hanya sekitar 10 meter. Tim gabungan prioritaskan rumah warga melakukan pemadaman hingga api benar-benar padam. Sementara luasan lahan yang terbakar sekitar 2 hektare.