oleh

HKN 2023, Sekda Banjar Ajak Tegakkan 6 Pilar Transformasi Kesehatan

MARTAPURA, KALIMANTANLIVE.COM – Apel kerja gabungan Lingkungan Pemerintah Kabupaten Banjar digelar sekaligus peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 59 tahun 2023, dengan petugas apel dari Dinas Kesehatan, di halaman Kantor Bupati Banjar Martapura, Senin (13/11/2023) pagi.

Bertindak selaku pembina apel Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar HM Hilman dalam amanatnya membacakan sambutan tertulis Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pasca disahkannya UU Nomor 17 Tahun 2023 Tentang Kesehatan, pemerintah kini sedang menyusun Rencana Induk Bidang Kesehatan (RIBK) yang akan berfungsi sebagai haluan bersama dalam upaya pembangunan kesehatan diseluruh Indonesia.

# Baca Juga :Ikuti Parade Tari Nusantara 2023, Pemprov Kalsel Andalkan Tari Cerita Rakyat Kabupaten Banjar

# Baca Juga :Si Habar Manis Janjikan Kemudahan Dapat Informasi untuk ASN dan Warga di Kabupaten Banjar

# Baca Juga :Karhutla Mengancam Tiga Desa Kabupaten Banjar, Tim Gabungan Berjuang Lawan Kobaran Api Dekat Rumah Warga

# Baca Juga :Atasi Rawan Pangan, DKPP Kabupaten Banjar Susun FSVA Sebagai Informasi dan Inspirasi Pengambilan Kebijakan

“Pesan saya, RIBK harus dipacu oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam merencanakan, menganggarkan dan mengimplementasikan program kesehatan di wilayahnya,” ucapnya.

Pemerintah pusat lanjut Hilman tidak mampu melakukanya sendiri, hanya dengan sinergi yang kuat dan kolaborasi yang erat antara pemerintah pusat, daerah dan seluruh elemen masyarakat. Enam pilar transformasi kesehatan bisa ditegakkan untuk perubahan yang lebih baik.

“Pilar pertama, transformasi layanan primer, dari fokus mengobati menjadi mencegah, kedua transformasi layanan rujukan dari akses layanan kesehatan susah menjadi mudah, ketiga transformasi sistem ketahanan kesehatan, keempat transformasi pembiayaan kesehatan, kelima transformasi SDM Kesehatan dan pilar ke enam transformasi teknologi kesehatan,” tambahnya.