oleh

Pemkab Banjar Gelar Pelatihan Diversifikasi Sasirangan, Nurgita: Kita Kembangkan Produk Viral!

MARTAPURA, KALIMANTANLIVE.COM – Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) Kabupaten Banjar berkolaborasi dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) menggelar Pelatihan Diversifikasi Sasirangan tahun 2023, di Gedung Dekranasda Kabupaten Banjar, Martapura, Senin (13/11/2023) pagi.

Kegiatan yang dibuka oleh Ketua Dekranasda Hj Nurgita Tiyas tersebut diikuti 37 peserta dari 10 kecamatan yang akan berlangsung selama 5 hari.

# Baca Juga :Pemkab Banjar Ajak Masyarakat Hadapi Bencana Banjir, Sekda: Tetap Waspada dan Jaga Diri!

# Baca Juga :Pemkab Banjar Salurkan Dana Bantuan untuk Korban Bencana Kebakaran, Segini Jumlahnya

# Baca Juga :Komitmen Pemkab Banjar Bentuk BNN Kabupaten Banjar dalam Upaya Perang Melawan Narkoba

# Baca Juga :Rakor Mingguan Pemkab Banjar Bahas Karhutla, Bupati Banjar Galakkan Imbuan Ancaman Kebakaran Lahan

Hj Nurgita Tiyas berharap dengan adanya pelatihan tersebut para peserta mampu mengimplentasikan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh guna peningkatan kualitas produk, dan bisa bersaing dengan produk lain di pasar.

”Dengan adanya pelatihan diversifikasi sasirangan pelaku IKM dapat memunculkan kain produk sasirangan dan turunannya serta desain baru. Sehingga pasar produk semakin meluas dan bisa meningkatkan perolehan nilai tambah terutama para perajin,” harapnya.

Sementara itu Kepala DKUMPP Banjar Kencana Wati menerangkan peserta dilatih mengenai teknik bagaimana mengembangkan pola-pola pemotif dari sasirangan. Mengembangkan pola berpikir tentang bagaimana cara buat packing dan modifikasi-modifikasi produk yang bisa meningkatkan nilai tambah kain produk mereka saat ini.

”Tentunya menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Produk-produk apa saja yang bisa menjual dan viral, bisa kita kembangkan motifnya tetapi tetap berbasis pada budaya Banjar dan kearifan lokal,” ungkapnya.

Selain dilatih tentang diversifikasi sasirangan, peserta juga dilatih menjahit, tata rias dan tata boga oleh Disnakertrans Banjar.

Selain Ketua Dekranasda, narasumber lainnya, yakni Kepala DKUMPP Banjar Kencana Wati, Kepala Disnakertrans Siti Mahmudah serta Muhammad Arifin dari Yayasan Rumah Kreatif dan Pintar Banjarmasin.(Kalimantanlive.com/nabila)

Editor : NMD