oleh

Syaifullah Tamliha Minta Pelunasan ONH Tak Beratkan Calon Jemaah Haji: Tetapkan 5 Bulan Lebih Awal

BANJARMASIN, Kalimantanlive.com – Para wakil rakyat di DPR RI berharap pelunasan Ongkos Naik Haji (ONH) tidak terlaku memberatkan calon jemaah haji.

Anggota DPR RI asal Kalimantan Selatan H.Syaifullah Tamliha yang tergabung dalam Panitia Kerja (Panja) Komisi VIII DPR RI mengatakan hal itu melalui whatsapp dari Jakarta, Kamis (23/11/2023).

BACA JUGA:
Inilah Isi Kejutan Pada Penyelenggaraan Ibadah Haji 1444 H/2023 M, Jemaah Makin Girang

Selain itu Panja DPR juga berharap ONH ditetapkan lebih awal 5 bulan, sebelum keberangkatan pada bulan Mei.

“Tujuannya untuk memberi ruang bagi calon jamaah haji untuk bisa ‘mencicil’ uang pelunasan agar tidak terburu-buru seperti tahun sebelumnya,” katanya.

Politisi senior dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu juga mengatakan masalah Biaya Penyelenggaran Ibadah Haji (BPIH) Tahun 1445 Hijriyah/2024 Masehi dibahas secara maraton antara Panja Komisi VIII DPR dengan Pemerintah kemarin malam (Rabu 22 November malam, Red) dan sudah hampir final. Dri semula diusulkan pemerintah (Menteri Agama) Rp 105 juta menjadi Rp 93,4 juta.

“Sedangkan kepastian berapa biaya pelunasan Ongkos Naik Haji (ONH) yang harus dilunasi oleh calon jamaah akan dibahas antara DPR dengan BPKH (Badan Pengelola Keuangan Haji) pada Senin mendatang,”jelas Syaifullah.