oleh

DIPA 2024 Kalsel Naik Rp 6,4 Triliun, Ketua DPRD Kalsel Supian HK Tekankan Hal Penting Ini

BANJARBARU, Kalimantanlive.com – Ketua DPRD Kalsel H Supian HK mengingatkan agar DIPA dan TKD T.A 2024 yang telah diserahterimakan dapat digunakan dengan efektif dan akuntabel untuk mengakselerasi pembangunan serta pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Kalsel.

Hal itu disampaikan H Supian HK ketika menghadiri penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Alokasi Transfer ke Daerah (TKD) Tahun Anggaran 2024, kepada kementerian/lembaga dan kabupaten/kota se-Kalimantan Selatan dengan total Rp 37,78 triliun di Gedung DR KH. Idham Chalid, Komplek Perkantoran Setda Prov. Kalsel, Banjarbaru, Jumat (1/12/2023).

“Setiap instansi pengelola dana APBD harus betul-betul memanfaatkan alokasi dana yang telah diberikan dalam rangka percepatan, pertumbuhan, dan pemerataan pembangunan di Kalsel,” katanya.

Baca Juga:
Lomba Pacu Jukung Sudur Piala Paman Birin Cup 2023 di HSS, Mencari Talenta Muda Atlet Dayung

H Supian HK juga menyebutkan, pemerintah daerah atau kelembagaan kerap kali mengeksekusi pekerjaan pada akhir tahun. Hal tersebut dianggap tak bagus dan harus segera diubah.

“Tentu saja ini perlu diubah mindset-nya supaya bisa dilaksanakan mulai awal tahun dan pelaksanaan pembangunannnya bisa segera dinikmati masyarakat,” ujarnya.

Pada kegiatn itu Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun Anggaran 2024, yang naik Rp 6,4 triliun jika dibandingkan tahun sebelumnya.

APBN 2024 untuk Kalimantan Selatan terdiri atas DIPA Kementerian/Lembaga sebesar Rp 8,69 triliun serta Dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) sebesar Rp 29,09 triliun.

Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor atau Paman Birin menyampaikan pesan dan harapan kepada para kepala daerah, bupati, wali kota, pimpinan satker SKPD serta seluruh peserta kegiatan ini agar segera melakukan langkah optimalisasi penyerapan anggaran 2024.