oleh

Bank Indonesia Nilai Pemilu 2 Putaran Dorong Pertumbuhan Ekonomi dan Untungkan Masyarakat

JAKARTA, Kalimantanlive.com – Bank Indonesia (BI) menilai pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) hingga dua putaran akan meningkatkan konsumsi dan menguntungkan masyarakat.

Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sumatra Barat (Sumbar) Endang Kurnia Saputra mengatakan apabila Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 berlangsung 2 putaran akan meningkatnya konsumsi sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi.

“Apabila pemilu berlangsung dua putaran maka masyarakat yang akan diuntungkan karena tingkat konsumsi meningkat,” kata Kepala BI Perwakilan Provinsi Sumbar Endang Kurnia Saputra dikutip dari Antara, Jumat (19/1/2024).

BACA JUGA :
BI Kalsel Genjot Ekspor Kerajinan Purun dan Percepat Penurunan Stunting di Hulu Sungai Utara

Endang menyebutkan saat tahapan pemilu berlangsung maka pemerintah menyiapkan anggaran dalam jumlah besar terutama ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai pihak penyelenggara pesta demokrasi.

Dana itu kemudian digunakan untuk berbagai kegiatan salah satunya pembuatan alat peraga kampanye.
Artinya, sambung eks Deputi Kepala Perwakilan BI DKI Jakarta tersebut, pelaku usaha yang bergerak di sektor percetakan akan menerima banyak permintaan pembuatan alat peraga kampanye.

Hal itu secara langsung dapat menggeliatkan ekonomi masyarakat. Contoh lainnya ialah partai politik, calon legislatif bahkan calon presiden dan calon wakil presiden akan memesan atribut kampanye misalnya baju, topi, syal, jaket dan lain sebagainya.