oleh

Survei BI: Kredit Rumah Tangga Mulai Naik, Bank Umum Masih Jadi Sumber Pinjaman Teratas

JAKARTA, Kalimantanlive.comBank Indonesia (BI) mencatat permintaan pembiayaan oleh rumah tangga melalui utang atau kredit terpantau naik, dengan sumber pinjaman teratas masih didominasi dari bank umum.

Berdasarkan Survei Penawaran dan Permintaan Pembiayaan Perbankan yang dirilis oleh BI, hal ini terindikasi dari responden rumah tangga yang melakukan penambahan pembiayaan melalui utang/kredit pada Desember 2023 sebesar 11,9% dari total responden, relatif stabil dibanding dengan bulan sebelumnya yang sebesar 10,7%.

BACA JUGA: Bank Indonesia Nilai Pemilu 2 Putaran Dorong Pertumbuhan Ekonomi dan Untungkan Masyarakat

“Sumber utama pemenuhan pembiayaan rumah tangga pada Desember 2023 berasal dari pinjaman bank umum dengan pangsa sebesar 35,8% meningkat dibanding bulan sebelumnya yang sebesar 33,2%,” tulis BI yang dikutip Minggu (21/1/2024).

Sementara itu, alternatif sumber pembiayaan lain yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan rumah tangga adalah koperasi dan leasing, dengan pangsa masing-masing 23,1% dan 15%, keduanya menurun dibanding bulan sebelumnya.

Sementara, porsi sumber pembiayaan dari perusahaan financial technology (fintech) dan BPR mengalami peningkatan dibanding bulan sebelumnya.

Berdasarkan jenis penggunaan, mayoritas pembiayaan yang diajukan oleh responden rumah tangga pada Desember 2023 adalah Kredit Multi Guna (KMG) sebesar 41,5%, turun dibanding November 2023 yaitu 43,3%.