oleh

Gubernur BI Sebut Ekonomi Indonesia 2023 Salah Satu Terbaik Dunia, Digitalisasi Dahsyat

KALIMANTANLIVE.COM – Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyebut, kinerja ekonomi pada tahun 2023 patut disyukuri karena telah menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara dengan kinerja ekonomi terbaik di dunia.

“Gembira sekali Indonesia menunjukkan salah satu kinerja ekonomi terbaik di dunia. Insya Allah, pertumbuhan ekonomi kita tahun lalu mencapai sekitar 5 persen,” ujar Perry Warjiyo saat peluncuran Laporan Perekonomian Indonesia 2023 di Jakarta, pada hari Rabu (31/1/2024).

“Bersyukur, Indonesia one of the best economic performance of the world,” katanya.

BACA JUGA:
Gubernur Bank Indonesia: Sebanyak 475 Pemda Kabupaten Kota Bertransaksi Memakai QRIS

Pertumbuhan ekonomi yang solid ini juga didukung oleh inflasi yang terkendali, apresiasi nilai tukar rupiah, pertumbuhan kredit perbankan sebesar 10,38 persen secara tahunan (year on year/yoy) pada tahun 2023, dan terus berlanjutnya akselerasi digitalisasi.

Digitalisasi di Indonesia dahsyat dan tercepat di dunia. Tidak hany QRIS juga elektronifikasi keuangan pemerintah daerah. Termasuk juga kerja sama internasional (cross border).

Inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) Indonesia pada 2023 terjaga dalam kisaran sasaran, yakni sebesar 2,61 persen (yoy) sehingga Indonesia termasuk salah satu negara dengan inflasi terendah di antara negara G20. Kemudian, digitalisasi di Indonesia dahsyat luar biasa, termasuk yang tercepat di dunia.

Perry juga meyakini, prospek perekonomian 2024 juga akan lebih baik. Pertumbuhan ekonomi pada 2024 akan sedikit di atas 5 persen.