oleh

Wali Kota Banjarbaru Raih Penghargaan Tertinggi dari PWI, Peran Komitmennya Dorong UMKM Diakui Presiden Jokowi

BANJARBARU, Kalimantanlive.com – Sebagai perayaan Hari Pers Nasional (HPN) ke-78, Wali Kota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin, memperoleh penghargaan bergengsi dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Prestasi ini membuatnya menjadi satu-satunya kepala daerah di Kalimantan yang meraih penghargaan dari PWI pada tahun ini.

Acara puncak penyerahan Penghargaan Hari Pers Nasional (HPN) ke-78 diadakan secara langsung di Ecovention Hall Ancol Jakarta pada Selasa (20/2/2024) sore dan dihadiri oleh Presiden RI, Joko Widodo.

BACA JUGA: Wali Kota Banjarbaru Raih Penghargaan di HPN 78, Ajak Insan Pers Tingkatkan Profesionalitas

BACA JUGA: Bakal Habiskan Rp 264 M, Pembangunan Gedung Baru DPRD Kalsel 3 Lantai di Banjarbaru Dilanjutkan

Wali Kota Aditya diberi penghargaan atas dedikasinya dalam mengembangkan sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Ibukota Kalimantan Selatan. Kontribusi yang luar biasa dari Aditya dalam mendorong UMKM tercermin dari inovasi-inovasinya yang beragam, serta dukungan yang tak terhingga dari sang istri, Vivi Zubedi, yang berhasil membawa produk-produk UMKM Kota Banjarbaru meraih kesuksesan di pasar internasional.

Dalam pidatonya untuk memperingati HPN, Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa jurnalisme berkualitas merupakan perhatian utama pemerintah. Salah satu tindakan konkrit yang diambil adalah penandatanganan Perpres tentang hak penerbit.

“Saya ingin menekankan bahwa pers harus terus menjaga demokrasi, menyajikan fakta tanpa menciptakan atau mengasumsikan informasi semata. Selain itu, perusahaan pers juga harus mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman dan mandiri,” ungkapnya.

Sementara itu, Wali Kota Banjarbaru, H. M. Aditya Mufti Ariffin, yang menerima penghargaan tersebut menyatakan rasa syukurnya.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada PWI atas penghargaan PWI 2024 di bidang pemberdayaan UMKM ini. Penghargaan ini menjadi motivasi bagi kami untuk lebih mendorong perekonomian Kota Banjarbaru dan menjalin kolaborasi yang erat dengan insan pers,” katanya.