oleh

Survei Penjualan Eceran BI Maret 2024: Penjualan Eceran Diperkirakan Tetap Kuat

JAKARTA, Kalimantanlive.com – Kinerja penjualan eceran pada Maret 2024 diprakirakan tetap kuat. Hal tersebut tecermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) Maret 2024 sebesar 222,8, atau tumbuh sebesar 3,5% (yoy).

“Tetap kuatnya penjualan eceran tersebut ditopang oleh meningkatnya pertumbuhan pada beberapa kelompok, antara lain Subkelompok Sandang, Kelompok Suku Cadang dan Aksesori, serta Kelompok Bahan Bakar Kendaraan Bermotor,”¬†kata Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia Erwin Haryono, sebagaimana dikutip dari siaran pers BI, Rabu (17/4/2024).

BACA JUGA:
Kurs Rupiah Anjlok ke Rp 16.250 Per Dollar AS Hari Ini, Terendah Sejak April 2020

Secara bulanan, lanjut dia, penjualan eceran diprakirakan meningkat dengan pertumbuhan sebesar 4,1% (mtm), sejalan dengan peningkatan aktivitas masyarakat saat bulan Ramadan dan persiapan Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Idulfitri, serta program potongan harga.

“Seluruh kelompok diprakirakan berada pada zona ekspansi, dengan pertumbuhan tertinggi terjadi pada Kelompok Peralatan Informasi dan Komunikasi, diikuti Subkelompok Sandang dan Kelompok Perlengkapan Rumah Tangga Lainnya,” jelasnya.

Survei Penjualan Eceran Maret 2024 Bank Indonesia. (sumber www.bi.go.id)

Pada Februari 2024, IPR tercatat meningkat mencapai 214,1 atau tumbuh 6,4% (yoy). Kinerja penjualan eceran tersebut, lanjut Erwin, didorong oleh pertumbuhan Kelompok Makanan, Minuman, dan Tembakau yang meningkat serta Kelompok Peralatan Informasi dan Komunikasi dan Kelompok Barang Budaya dan Rekreasi yang mengalami perbaikan meski masih dalam zona kontraksi.