oleh

BREAKING NEWS: Paman Birin akan Lakukan Ground Breaking Kantor DPRD Kalsel di Banjarbaru Hari Ini

BANJARBARU, Kalimantanlive.com Gubernur Kalsel Sahbirin Noor akan melakukan Ground Breaking Kantor DPRD Kalsel untuk menandai dimulainya pembangunan Kantor DPRD Kalsel di Banjarbaru, hari ini, Rabu (5/6/2024).

Pembangunan Kantor DPRD Kalsel berlokasi di Kompleks perkantoran Gubernur Kalsel di Banjarbaru.

Kegiataan ground breaking kantor wakil rakyat Kalsel tersebut dihadiri Ketua DPRD Kalsel H Supian HK dan jajaran, Sekretaris DPRD Kalsel M Jaini, Ketua TP PKK Provinsi Kalsel Hj Raudatul Jannah, jajaran Forkopimda Kalsel, kepala SKPD, dan alim ulama.

BACA JUGA: Pemprov dan Banggar DPRD Kalsel Bahas Raperda Pertanggungjawaban APBD 2023, Roy: Ada Sisa Lebih Pembiayaan

BACA JUGA: Belajar Pengelolaan Angkutan Kota ke Bali, Komisi III DPRD Kalsel Ingin Ada Kereta Api di Banua

Sebelumnya, Sekretaris DPRD Provinsi Kalsel, Muhammad Jaini mengatakan, gedung baru DPRD Kalsel dibangun dengan luas lahan sekitar 2,9 hektare dan sudah diekspos oleh konsultan perencanaannya dari PT Asta Kencana Astra Metama.

“Maka dari itu, pembuatan Rancang Bangun Rinci (Detail Engineering Design) yang disebut DED sudah dilaksanakan di APBD perubahan 2023 sebesar Rp3,8 miliar dan jumlah perkiraan keseluruhan anggaran untuk pembangunan gedung baru DPRD Kalsel mencapai Rp264 miliar,” kata Jaini, di Banjarmasin, Selasa (20/2/2024).

Menurut Jaini, dari luas lahan itu rencananya akan dibangun tiga gedung, seperti gedung utama dengan anggaran Rp48,9 miliar, gedung ruang rapat paripurna dan aula.

“Gedung utama rencananya akan dibangun tiga lantai, seperti di lantai 1 untuk ruang rapat dan ruang Komisi DPRD dan perpustakaan, lantai 2 digunakan untuk ruang Fraksi DPRD yang dilengkapi dengan pantry, toilet dan mushalla serta kamar untuk beristirahat para pimpinan dan anggota DPRD,” jelasnya.

Untuk lantai 3, lanjut dia, akan dibuat ruangan untuk Pimpinan, Sekretaris DPRD Provinsi Kalsel dan Sekretariat DPRD Provinsi Kalsel, seperti administrasi keuangan dan Alat Kelengkapan Dewan (AKD), yakni Badan Anggaran (Banggar), Badan Musyawarah (Banmus) dan Badan Pembentukan (BP) Peraturan Daerah (Perda).

“Sedangkan, gedung rapat paripurna rencananya akan dibangun dua lantai dan aula satu lantai yang dilengkapi dengan sarana olahraga dan tempat ibadah,” ujar Jaini.