oleh

Telan Total Anggaran Rp 264 Miliar, Pambangunan Kantor DPRD Kalsel di Banjarbaru Dimulai

BANJARBARU, Kalimantanlive.com Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor secara resmi melakukan Ground Breaking Kantor DPRD Kalsel di Banjarbaru, Rabu (5/6/2024).

Ground breaking yang dilakukan Gubernur Kalsel Paman Birin sekaligus menandai dimulainya pembangunan Kantor DPRD Kalsel yang menelan total anggaran sebesar Rp 264 miliar tersebut. 

Pembangunan gedung Kantor DPRD Kalsel dilaksanakan secara bertahap. Untuk tahun 2024 tahap pembangunan pondasi dan struktur dianggarkan sebesar Rp 48.785.726.000r,-  dengan jangka waktu pengerjaan selama 225 hari kalender oleh PT Wiratama Graha Raharja.

BACA JUGA: BREAKING NEWS: Paman Birin dan Supian HK Lakukan Ground Breaking Kantor DPRD Kalsel di Banjarbaru

BACA JUGA: Pemprov dan Banggar DPRD Kalsel Bahas Raperda Pertanggungjawaban APBD 2023, Roy: Ada Sisa Lebih Pembiayaan

Pembangunan Kantor DPRD Kalsel yang berlokasi di Kompleks Perkantoran Pemprov Kalsel dijadwalkan selesai pada tahun 2025.

Sebelumnya, Sekretaris DPRD Provinsi Kalsel, Muhammad Jaini mengatakan, gedung baru DPRD Kalsel dibangun di atas lahan sekitar 2,9 hektare dan sudah diekspos oleh konsultan perencanaannya dari PT Asta Kencana Astra Metama.

“Maka dari itu, pembuatan Rancang Bangun Rinci (Detail Engineering Design) yang disebut DED sudah dilaksanakan di APBD perubahan 2023 sebesar Rp 3,8 miliar dan jumlah perkiraan keseluruhan anggaran untuk pembangunan gedung baru DPRD Kalsel mencapai Rp 264 miliar,” kata Jaini, di Banjarmasin, Selasa (20/2/2024), sebagaimana dikutip dari MC Kalsel.

Menurut Jaini, dari luas lahan itu rencananya akan dibangun tiga gedung, seperti gedung utama dengan anggaran Rp 48,9 miliar, gedung ruang rapat paripurna dan aula.

“Gedung utama rencananya akan dibangun tiga lantai, seperti di lantai 1 untuk ruang rapat dan ruang Komisi DPRD dan perpustakaan, lantai 2 digunakan untuk ruang Fraksi DPRD yang dilengkapi dengan pantry, toilet dan mushalla serta kamar untuk beristirahat para pimpinan dan anggota DPRD,” jelasnya.