oleh

DPMD Tabalong Dorong Peningkatan Kapasitas Pengurus BUMDes di 12 Kecamatan

TANJUNG, KALIMANTANLIVE.COM – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten terus mendorong peningkatan kapasitas pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) pada 12 kecamatan.

Menurut Kabid Pemberdayaan Masyarakat Desa DPMD Tabalong, Ramuji bahwa hal ini guna meningkatkan keterampilan pengetahuan pengurus dalam mengelola BUMDes.

# Baca Juga :Jaga Kebersihan, Warga Kecamatan Tanta di Tabalong Gelar Aksi Bersih Sungai Mangkusip

# Baca Juga :Pj Bupati Tabalong Harap Pelatihan Teknis Potensi SAR Ciptakan SDM yang Siap Lakukan Pertolongan Pertama

# Baca Juga :Basarnas Banjarmasin Bekali Teknis Dasar Pertolongan Pertama kepada Puluhan Relawan UPBS Tabalong

# Baca Juga :Tinggal Sehari Lagi, Pendaftar Pelatihan Satpam Gartis di Tabalong Capai Ratusan Orang

Sehingga bisa memahami bagaimana menjalankan administrasi keuangan yang baik guna memberikan laporan pertanggungjawaban sesuai peraturan.

“Ini khususnya penyusunan laporan keuangan BUMDes,” ujarnya pada kegiatan peningkatan kapasitas pengurus BUMDes 2024 di Hotel Jelita Tanjung, Selasa (11/06/2024).

Para peserta dalam kegiatan tersebut berjumlah 54 orang yang masing-masing 29 orang bendahara BUMDes yang terpilih pada 12 Kecamatan.

“Sebanyak 25 orang tenaga pendamping profesional (TPP) Kabupaten Tabalong,” ungkapnya.

Sementara Kepala DPMD Tabalong, Achmad Rahardian Noor mengatakan, bahwa BUMDes merupakan salah satu pilar penting dalam pertumbuhan ekonomi desa.

“BUMDes dapat membantu menggerakkan roda ekonomi lokal dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa,” katanya saat membacakan sambutan tertulis Pj Bupati Tabalong, Hj Hamida Munawarah.