oleh

Memfasilitas Akses Internet Gratis di Erea Publik, Diskominfo Kalsel Gelar Rakor Pembahasan Anggaran TIK,

BANJARBARU, KALIMANTANLIVE.COM – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kalsel menggelar Rapat Koordinasi Pembahasan Anggaran TIK Pemprov Kalsel di Banjarbaru, Senin (10/06/2024).

Rakor turut dihadiri perwakilan dari Tim TAPD Provinsi Kalsel, yaitu Inpektorat Daerah Provinsi Kalsel, BPKAD Provinsi Kalsel, Bappeda Provinsi Kalsel dan pejabat Diskominfo Provinsi Kalsel.

# Baca Juga :Maksimalkan Pengetahuan dan Pengembangan Diri, Mahasiswa FISIP Uniska Sambangi Diskominfotik Banjarmasin

# Baca Juga :Jelang Rakornas KI Ke-15, Diskominfo Kalsel Pastikan Dihadiri 400 Perwakilan Seluruh Indonesia

# Baca Juga :Perdalam Pengetahuan Konsep Smart City, Diskominfo HSS Kunjungi Diskominfo Banjarbaru

# Baca Juga :Keluhkan Wifi Fasum Tidak Bisa Diakses, Ini Jawaban Kadiskominfotik Kota Banjarmasin

Kepala Diskominfo Provinsi Kalsel, Muhamad Muslim melalui Kepala Seksi Infrastruktur E-Government, Sarah Syarqawie mengatakan, kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari penyelenggaraan jaringan intranet terintegrasi Pemprov Kalsel.

“Kita berdiskusi terkait anggaran TIK agar tercipta kesepakatan dan kesepahaman di masing-masing SKPD, guna dapat memaksimalkan pemanfaatan internet terpusat,” katanya.

Dasar pelaksanaan rapat ini adalah Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 15 Tahun 2023 tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2024. Yang sesuai Tusi Diskominfo adalah poin “t” halaman 167. Sehingga Dalam pengalokasian anggaran APBD, seluruh SKPD dalam perencanaan kegiatannya adalah untuk mendukung Percepatan Implementasi Transformasi Digital Nasional.

Selain itu Ia juga melaporkan progres, implementasi jaringan intranet dan internet terintegrasi yang sudah memasuki bulan ketiga, dan pihaknya terus mengadakan evaluasi dan monitoring serta sosialisasi pemanfaatan jaringan internet terpusat ini.

Sampai sejauh ini jaringan internet dan intranet terintegrasi ini sudah dilaksanakan di 99 persen SKPD Induk, dan beberapa UPT dan Balai. Target selanjutnya adalah mengintegrasikan UPT/Balai milik Pemprov Kalsel yang berada di kawasan 3 Banjar (Kota Banjarbaru, Kota Banjarmasin dan Kabupaten Banjar). Selain itu juga target memfasilitas akses internet gratis di area-area publik. Semoga bisa direalisasikan di akhir tahun ini dan paling lambat di tahun depan.

“Hasil Rapat dengan TIM TAPD Pemprov Kalsel harapannya akan menjadi bahan pertimbangan/rekomendasi dalam Rencana Penganggaran Kebutuhan TIK di SKPD Pemprov Kalsel,” ucapnya.(diskominfomc.kalselprov.go.id)

editor : TRI