oleh

Tingkatkan Kualitas Penyajian Informasi SDM Kesehatan, Dinkes Kalsel Kumpulkan Penyajian Informasi SDM

BANJARMASIN, KALIMANTANLIVE.COM – Perkembangan pembangunan kesehatan di daerah membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang memadai dan tersebar merata pada seluruh fasilitas kesehatan di daerah. Oleh karena itu, Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan menggelar pertemuan penyajian informasi SDM kesehatan dan rencana kebutuhan tenaga kesehatan lintas sektor tahun 2024 di Banjarmasin, Rabu (12/6/2024).

Sekretaris Dinas Kesehatan Kalsel, Mutia Iflah menyampaikan, perencanaan kebutuhan SDM kesehatan merupakan bagian penting dalam sistem informasi kesehatan yang memfokuskan pada ketersediaan, pendistribusian, dan peningkatan kualitas sumber daya manusia kesehatan.

# Baca Juga :Dinas Kesehatan Gelar Lomba Jambore Kader Posyandu Kotabaru 2023, Erwin: Menekan Angka Stunting

# Baca Juga :dr Yandi Dilantik Jadi Kepala Dinas Kesehatan Tanah Bumbu, Gantikan Setia Budi yang Kini Kadis Perhubungan

# Baca Juga :Diapresiasi Menkes Budi Gunadi, Program Home Care Dinas Kesehatan Balangan Mampu Layani Ribuan Pasien di 8 Kecamatan

# Baca Juga :Dinas Kesehatan Tanbu Turun ke Desa-desa, Berikan Layanan Kesehatan bagi Masyarakat dan Bina 1D1M

“Tanpa perencanaan yang baik, proses tata kelola tenaga kesehatan tidak dapat berjalan dengan optimal,” katanya.

Oleh karena itu, diperlukan pengelolaan SDM kesehatan yang diawali dari perencanaan kebutuhan yang adekuat.

Saat ini, Perencanaan SDM kesehatan baik dari sisi input, proses, output maupun pemanfaatannya memerlukan koordinasi, kerja sama, dan komitmen lintas sektor di lingkungan pemerintah daerah. Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/Kota tidak akan dapat melaksanakan proses perhitungan dan analisis kebutuhan SDM kesehatan tanpa dukungan dari lintas sektor terkait.

“Kegiatan pertemuan penyajian informasi SDM kesehatan dan rencana kebutuhan tenaga kesehatan lintas sektor tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2024 diharapkan dapat memperkuat koordinasi antara pengelola perencanaan kebutuhan tenaga kesehatan/SISDMK dalam rangka penyusunan dan pemanfaatan dokumen deskripsi SDM kesehatan dan dokumen rencana kebutuhan tenaga kesehatan,” ujarnya.

Penyusunan dokumen deskripsi SDM kesehatan dan dokumen rencana kebutuhan tenaga kesehatan akan menjadi referensi/rekomendasi bagi pimpinan dan pemangku kepentingan di pemerintah daerah dalam pemenuhan dan tata kelola ASN kesehatan di Provinsi Kalsel.