oleh

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari Resmi Dipecat dari Jabatan Terkait Kasus Asusila, DKPP: Terbukti Langgar Kode Etik 

JAKARTA, Kalimantanlive.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari dijatuhi sanksi diberhentikan secara tetap oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) terkait kasus dugaan asusila yang dilaporkan CAT, anggotaPanitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Den Haag, Belanda .

“Menjatuhkan sanksi pemberhentian tetap kepada teradu Hasyim Asy’ari selaku ketua merangkap anggota Komisi Pemilihan Umum RI terhitung putusan ini dibacakan,” kata Ketua DKPP RI Heddy Lugito dalam sidang pembacaan putusan di Gedung DKPP RI, Jakarta, Rabu, (3/7/2024).

BACA JUGA:
Ketua KPU Hasyim Asyari Ubah Pernyataan, Maju Pilkada Anggota DPR-DPRD-DPD Terpilih Harus Mundur

Sidang Putusan Nomor Perkara 90-PKE-DKPP/V/2024 tersebut dimulai pukul 14.10 WIB, dan dibuka oleh Ketua DKPP RI Heddy Lugito. Adapun Hasyim hadir secara daring dalam persidangan tersebut melalui aplikasi telekonferensi Zoom.

Heddy mengatakan Hasyim selaku teradu terbukti melakukan pelanggaran Kode Etik dan Pedoman Perilaku Penyelenggara Pemilu.

DKPP dalam putusannya mengabulkan pengaduan pengadu untuk seluruhnya.

DKPP sendiri sudah menyatakan tidak ada hubungan seks antara Ketua KPU Hasyim Asy’ari dengan seorang Anggota PPLN Den Haag.

DKPP mengatakan kegiatan Hasyim selama di Den Haag berkaitan dengan kepemiluan. Adapun kegiatan di luar kepemiluan dilakukan bersama-sama petugas pemilu lain, seperti salat Jumat dan kegiatan rekreasi bersama.