oleh

BELUM PERNAH TERJADI, Perempuan Ikut Penggantian Kiswah Kabah, Kain Penutup Terbuat dari 120 Kg Emas

MEKKAH, KALIMANTANLIVE.COM – Tahun ini, hal yang istimewa terlihat saat tradisi penggantian kiswah atau kain penutup Kabah di Mekkah, Arab Saudi.

Pihak otoritas Pengelola dan Perawatan Masjid Agung Masjidil Haram, melibatkan perempuan dalam tradisi penggantian kiswah atau kain penutup Kabah tersebut.

Menyambut 1 Muharam, sesuai tradisi tahunan di Mekkah, Otoritas Pengelola dan Perawatan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi menggelar penggantian kain penutup kiblat umat Islam itu.

# Baca Juga :PERTAMA Kali Kabah Ganti Kiswah Baru di Tahun Baru Islam, Perintah Raja Salman

# Baca Juga :Ini Alasan kenapa Kiswah Ka’bah Selalu Diangkat 3 Meter Menjelang Tibanya Musim Haji

# Baca Juga :Ini 3 Situs di Arab Saudi yang Jadi Sasaran Vandalisme Jemaah Indonesia, Salahsatunya Gua Hira

# Baca Juga :Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H, Berikut 30 Ucapan Selamat untuk Medua Sosial

Tahun ini, pelepasan kain lama dan pemasangan kiswah baru diadakan pada Minggu (7/7/2024), bertepatan dengan hari pertama dalam tahun 1446 Hijriah.

Dilansir dari Arab News, tim terdiri dari 159 perajin terampil di bawah pengawasan insinyur dan teknisi yang terlatih khusus untuk proses rumit tersebut.

Perempuan berpartisipasi dalam penggantian kiswah

Bedanya, sejumlah wanita dari Otoritas Pengelola dan Perawatan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi turut berpartisipasi dalam penggantian kiswah.

Momen tersebut terlihat dari berbagai unggahan yang dibagikan di media sosial Instagram oleh otoritas Arab Saudi, @reasahalharmain, Minggu.

“Untuk pertama kalinya, ikut serta dalam penugasan Otoritas Pengelola dan Perawatan Masjid Agung Masjidil Haram dan Masjid Nabawi dalam upacara penggantian,” tulis unggahan.

Tampak dalam salah satu video, beberapa wanita membawa sejumlah bagian kiswah dengan ornamen kaligrafi bersulam emas yang dibungkus plastik bening.

Prosesi yang melibatkan para wanita ini berlokasi di pabrik kiswah yang terletak di Kompleks Raja Abdulaziz untuk Kiswah Kabah, tidak jauh dari Masjidil Haram.

Satu per satu petugas wanita menyerahkan bagian-bagian kiswah kepada petugas pria yang segera memasukkan ke truk.

Truk tersebut juga berisi gulungan kiswah lain yang selanjutnya dibawa ke Kabah di Masjidil Haram untuk penggantian.

Terbuat dari emas dan sutra

Kiswah berisi 53 potong kain bersulam emas, yang terdiri dari 16 bagian untuk area sabuk, tujuh potong untuk di bawah sabuk, empat potong untuk area sudut, dan 17 untuk lampu atau lentera.

Selain itu, lima potong untuk tirai pintu, satu potong untuk sudut Rukun Yamani, dan dua potong untuk garis luar Hajar Aswad beserta talangnya.

Dikutip dari Gulf News, Kompleks Raja Abdulaziz untuk Kiswah Kabah mencakup 159 staf yang merupakan perajin terampil untuk memproduksi puluhan potong kain sulaman emas penutup Kabah.

Pekerjaan tersebut dilakukan dengan tangan, dan membutuhkan waktu antara 60 hingga 120 hari untuk menyelesaikan satu potong kain sulaman emas.