oleh

BPBD Tabalong Kini Miliki Satu Unit Armada Pemadam Khusus Atasi Karhutla

TANJUNG, KALIMANTANLIVE.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tabalong kini memiliki unit mobil pemadam kebakaran khusus.

Satu unit armada jenis Toyota Hilux yang diperuntukkan khusus menanggulangi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Bumi Saraba Kawa.

# Baca Juga :Kasus Stunting di Tabalong Jadi Tantangan Serius Bagi Masa Depan Generasi akan Datang

# Baca Juga :TPPS Tabalong Soroti 4 Isu Penanganan Stunting, Kekurangan dan Hambatan di Lapangan

# Baca Juga :Jaring Masukan Warga, PUPR Tabalong Ekspose Konsultasi Publik I RDTR Perkotaan Muara Uya

# Baca Juga :Dispersip Tabalong Bekali ASN Hingga Pelajar Pelatihan Public Speaking, Ini Manfaatnya

Sedangkan untuk pengadaan unit tersebut yang dianggarkan dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) induk 2024.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Tabalong, Haris Fakhrozi mengatakan, armada baru ini sudah dimodifikasi dengan kebutuhan yang dilengkapi peralatan winch dan mesin sistem penggerak 4WD.

“Unitnya seperti mobil pemadam tetapi sifatnya mini dengan kapasitas 600 liter. Bisa masuk ke pelosok,” katanya saat ditemui ke ruang kerjanya, Rabu (10/07/2024).

Ia menjelaskan, kelebihannya dari unit pemadam pada umumnya sudah bisa masuk ke daerah yang sulit ditempuh seperti akses jalan terjal dan pegunungan.

“Kalau mobil yang berat dengan tangki 6.000 liter itu kesulitan kita masuk daerah-daerah yang aksesnya agak sulit,” jelasnya.

Haris menambahkan, Karhutla di Tabalong hingga pertengahan tahun 2024 belum terdeteksi dan tidak laporan masuk.

“Melihat prediksi dari BMKG, cuaca normal saja dan tidak ada kekeringan. Kalau cuaca hujan diperkirakan sampai bulan Desember,” tambahnya.(Kalimantanlive.com/ A Hidayat)

editor : TRI