oleh

NGERI! Hujan Badai Hantam UEA, Terparah Selama 75 Tahun, Bandara Dubai Terendam, Sekolah Ditutup dan Tempat Usaha Kebanjiran

DUBAI, KALIMANTANLIVE.COM – Hujan deras dan badai besar melanda Uni Emirat Arab (UEA). Bencana tersebut membanjiri jalan raya utama dan mengganggu penerbangan di bandara internasional Dubai.

Banjir dan badai itu digambarkan sebagai curah hujan terbesar dalam 75 tahun terakhir. Setidaknya satu orang tewas, seorang pria berusia 70 tahun yang hanyut di dalam mobilnya di Ras Al Khaimah, salah satu dari tujuh emirat di negara tersebut.

# Baca Juga :Jelang Lebaran, Trio Motor Perintis Banjarmasin Kebanjiran Servis Motor Konsumen

# Baca Juga :Ratusan Rumah di Kabupaten Banjar Terendam, BPBD Masih Lakukan Pendataan Warga Terdampak Banjir

# Baca Juga :Sekda Banjarbaru Ingin SKPD Menyesaikan Masalah Banjir, Macet, Disabilitas, Kekumuhan dan Lainnya

# Baca Juga :Bank Kalsel Salurkan 1.000 Paket Sembako, Sentuhan Harapan Bagi Korban Banjir Kalimantan Selatan

Hujan mulai turun pada Senin (15/4/2024) malam dan pada Selasa (16/4/2024) malam, lebih dari 142 mm telah membasahi kota gurun Dubai, yang biasanya merupakan jumlah rata-rata hujan dalam satu setengah tahun.

Banjir langka melanda UEA usai hujan deras melanda sebagian wilayah Timur Tengah yang biasanya kering. Saking parahnya banjir tersebut, landasan Bandara Dubai pun terendam air.

Hujan deras terjadi di sebagian wilayah Timur Tengah yang kebanyakan berupa gurun dan gersang pada hari Selasa (16/4/2024) waktu setempat. Salah satu negara yang diguyur hujan deras ialah UEA.

Hujan deras di UEA memicu banjir langka yang menyebabkan penutupan sekolah-sekolah. Bandara Internasional Dubai pun ikut kebanjiran.

Banjir juga menutupi jalan raya dan menciptakan kondisi berbahaya di seluruh wilayah tersebut. Kondisi berbahaya itu terjadi karena wilayah UEA biasanya gersang dan tidak terbiasa dengan hujan lebat serta banjir bandang.

Penerbangan ke Bandara Dubai pun dialihkan sementara. Pejabat Bandara Internasional Dubai mengatakan pengalihan dilakukna karena ‘peristiwa cuaca luar biasa yang berkelanjutan yang saat ini dialami di UEA’.

Dilansir NBC, Rabu (17/4/2024), pihak bandara mengatakan terjadi ‘banjir besar’ di jalan-jalan menuju bandara. Otoritas bandara juga mendesak warga yang hendak bepergian untuk memeriksa status penerbangan mereka.

Video yang diperoleh kantor berita Al Arabiya menunjukkan landasan di Bandara Dubai terendam banjir. Pesawat-pesawat terlihat harus berjalan di lintasan yang tertutup banjir dan kendaraan-kendaraan pendukung hampir terendam.