oleh

Jelang Haul Guru Sekumpul, Penginapan di Tunggul Irang hingga Kawasan Sekumpul Mulai Ditempati Jamaah

MARTAPURA, KALIMANTANLIVE.COM – Rombongan jamaah asal Kalimantan Timur (Kaltim) mulai berdatangan dan sudah mulai padati penginapan di Tunggul Irang Martapura.

Alasan mereka menginap tak lain adalah untuk mendatangi Haul ke-19 KHM Zaini Abdul Ghani atau Abah Guru Sekumpul di Kota Martapura, Kabupaten Banjar.

Bahkan mereka menempati tempat penginapan yang telah disediakan secara cuma-cuma atau gratis.

“Kami sudah menyampaikan dari kemarin, bersama rombongan sekitar 11 orang dan mobil pickup. Ini merupakan yang pertama kalinya kami kesini (Kalsel),” ucap rombongan jamaah asal Desa Handil Baru, Kecamatan Samboja, Kecamatan Kutai Kartanegara Kaltim yang datang menginap di Pesantren Iqdamul Ulum Desa Tunggul Irang Ulu Kecamatan Martapura Kota, Sabtu (13/1/2024).

Menurutnya, perjalanannya sampai ke Martapura Kalsel memakan waktu sekitar 20 jam. Namun itu kata dia, sudah termasuk juga dalam waktu istirahat.

Selain itu, ia mengaku mendapatkan Informasi penginapan ini tersebut dari media sosial. Ia kemudian mendaftarkan rombongannya jauh sebulan sebelum penginapan gratis ini dibuka.

“Saat mendaftar itu penginapan yang lain sudah penuh, Alhamdulillah dapatnya di Pesantren Iqdamul Ulum ini masih tersedia,” jelasnya.

Sementara dari pantauan sekumpul Martapura hari ini, sekitar pukul 14.00 Wita, kawasan kubah depan gerban depan Musholla Ar-raudhah terlihat sudah banyak jamaah yang berdatangan.

Salah satu jamaah asal Palangkaraya Kalteng, Soderta mengatakan dirinya baru saja tiba di Martapura sejak tadi siang.

“Ya baru saja sampai, sama istri dan dua anak. Dari Palangkaraya kami kesini cuma naik sepeda motor dua buah,” ucapnya.

Ia mengaku sudah sering hadir di haul guru sekumpul sejak beberapa tahun belakangan. Namun mengingat, ujarnya, haul beberapa tahun sebelumnya sempat ditiadakan untuk umum.

“Biasa kira-kira hampir tiap tahun saya kesini, dan ini kesekian kalinya saya hadir,” ujarnya.(Kalimantanlive.com/Ilham)

Editor : NMD