oleh

Balas Dendam, Iran Tembakan Drone dan 300 Misil ke Israel, Rusia Kirim Kapal Rudal

KALIMANTANLIVE.COM – Iran menghujani Israel dengan rudal pada Sabtu malam waktu setempat. Tak tanggung-tanggung, Teheran dilaporkan menembak 300 rudal dan drone berbagai jenis ke Negeri Zionis.

Ini menjadi pembalasan terbaru Iran pada musuh bebuyutannya itu. Iran mengklaim melakukan hal itu sebagai balasan atas serangan rudal Israel ke konsulat Iran di Damaskus Suriah, yang menewaskan tujuh orang, termasuk tiga jenderal pasukan Garda Revolusi Iran (IRGC).

# Baca Juga :30 Ribu Tentara Zionis Israel Divonis Sakit Mental, Pemakaian Obat Penenang dan Narkoba Meningkat Tajam

# Baca Juga :Duta Besar Zuhair Al Shun ke Banjarmasin, Beberkan Fakta Tentang Kejahatan Israel di Tanah Palestina

# Baca Juga :UPDATE Perang Hamas vs Israel: Gaza Sekarat, 9.521 Orang Tewas Sebagian Besar Anak dan Perempuan

# Baca Juga :Bila Israel Tak Hentikan Serangan ke Gaza, Ini Ancaman Mengerikan Iran

Komunitas internasional menyatakan kekhawatiran setelah Iran meluncurkan drone peledak dan menembakkan 300 rudal ke Israel. Ini merupakan serangan langsung pertama Teheran ke wilayah Israel.

Ini menjadi pembalasan terbaru Iran pada musuh bebuyutannya tersebut. Iran mengklaim melakukan serangan sebagai balasan atas kiriman rudal Israel ke konsulat Iran di Damaskus Suriah, yang menewaskan tujuh orang, termasuk tiga jenderal pasukan Garda Revolusi Iran (IRGC) pada 1 April lalu.

Serangan udara Iran juga dilakukan beberapa pekan usai Israel menyerang kantor konsulat Iran di Damaskus, Suriah, dan menewaskan beberapa petinggi Garada Korps Revolusi Iran.

5 Alasan Iran Serang Israel

Iran menyatakan serangan udara ke Israel pada akhir pekan ini merupakan bentuk perlawanan terhadap serangan ilegal dan genosida rezim Zionis terhadap Palestina.

Kementerian Luar Negeri Iran menyatakan tindakan defensif mereka itu ialah untuk membela diri sekaligus menunjukkan sikap Iran dalam perdamaian dan keamanan regional serta internasional.

“Tindakan defensif Republik Islam Iran dalam menjalankan haknya untuk membela diri menunjukkan pendekatan bertanggung jawab Iran terhadap perdamaian dan keamanan regional dan internasional pada saat tindakan ilegal dan genosida yang dilakukan oleh rezim apartheid Zionis terhadap bangsa Palestina,” kata Kemlu Iran dalam siaran pers, Minggu (14/4/2024).

Kemudian, Iran juga menyebut serangan ke Israel itu sebagai pembalasan atas serangan militer Israel terhadap kantor konsulat Iran di Damaskus, Suriah pada awal April lalu.

Netanyahu Buka Suara Usai Israel Diserang Iran: Kami Akan Menang

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu buka suara usai negaranya mendapat serangan dari Iran. Netanyahu mengatakan pihaknya telah melakukan pencegahan serangan Iran ke negaranya.

“Kami telah mencegat, kami telah membendung (serangan Iran),” kata Netanyahu.

Sebelumnya Iran disebut mengirimkan lebih dari 200 misil dan drone ke berbagai titik di Israel pada Sabtu malam atau Minggu dini hari.