oleh

Dukung GEMAR DARLING, Dinkes Kalsel Edukasi Program 8.000 Hari Pertama Kehidupan

BANJARBARU, KALIMANTANLIVE.COM – Dalam rangka mendukung program Gerakan Pelajar, Remaja Sadar dan Peduli Stunting atau GELAR DARLING, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalsel gencar melakukan edukasi program 8.000 Hari Pertama Kehidupan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinkes Provinsi Kalsel, Raudatul Jannah melalui Kabid Kesehatan Masyarakat, Nurul Ahdani mengatakan, hal tersebut dilakukan untuk penguatan 1.000 hari pertama kehidupan (HPK), salah satunya adalah dengan minum TTD bagi ibu hamil dan remaja (calon pengantin) utk persiapan ibu hamil. Untuk ibu hamil agar tidaj terjadi anemia d anjurkan minum TTD sebanyak 90 tablet selama kehamilan.

# Baca Juga :Dinas Kesehatan Gelar Lomba Jambore Kader Posyandu Kotabaru 2023, Erwin: Menekan Angka Stunting

# Baca Juga :dr Yandi Dilantik Jadi Kepala Dinas Kesehatan Tanah Bumbu, Gantikan Setia Budi yang Kini Kadis Perhubungan

# Baca Juga :Diapresiasi Menkes Budi Gunadi, Program Home Care Dinas Kesehatan Balangan Mampu Layani Ribuan Pasien di 8 Kecamatan

# Baca Juga :Dinas Kesehatan Tanbu Turun ke Desa-desa, Berikan Layanan Kesehatan bagi Masyarakat dan Bina 1D1M

“Sedangkan untuk remaja puteri yg kadar Hb nya normal dianjurkan rutin mengkonsumsi tablet tambah darah 1X dalam seminggu dan bagi rematri yang anemia dianjurkan minum TTD selama tujuh hari,” kata Nurul.

Nurul mengatakan, untuk remaja putri mengkonsumsi tablet tambah darah karena akan menjadi ibu dan mengalami menstruasi. Hal ini dikarenakan secara alami rematri akan kehilangan banyak darah, jika tidak diimbangi dengan minum TTD rematri tersebut akan mengalami anemia (kadar HB remaja putri itu dibawah standar (kurang dari 12 mg/DL).

“Anemia ini menurut penelitian mempunyai risiko kejadian stunting karena akan melahirkan bayi yg BBLR (Berat Badan Lahir Rendah) yaitu dibawah 2.500 gram,” ujar Nurul.