oleh

Peringati Hari Kebebasan Pers Sedunia 3 Mei 2021, Bang Dhin Kutip Pesan Bung Karno

BANJARMASIN, Kalimantanlive.com – Hari ini, 3 Mei 2021 diperingati sebagai Hari Kebebasan Pers Sedunia.

Wakil Ketua DPRD Kalsel M Syaripuddin yang juga Sekretaris DPD PDI Perjuangan Kalsel, pun tak ketinggalan ikut mengucapkan Hari Kebebasan Pers Sedunia dengan megutip ucapan Bung Karno.

“Hanya ada dua hal yang bisa membuat sesuatu terang di kolong langit ini, di bumi ini pertama ialah matahari di langit, kedua ialah pers di dunia,” Ir Soekarno.

Kutipan Presiden RI pertama itu terlihat terpasang di bagian kaki pada foto ucapan Bang Dhin di hari Kebebasan Persn Sedunia, Senin 3 Mei 2021.

Pernyataan yang mendunia _ mengutip ucapan Mark Twain, penulis Amerika_ itu, disampakan Bung Karno saat pidato pembukaan jurusan Publisistik Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat Universitas Indonesia di Jakarta, tanggal 12 Desember 1959.

BACA JUGA:
Apresiasi E-Sport di Kalsel, Ketua DPRD Kalsel Supian HK Siap Dukung Moril hingga Anggaran

Bung Karno, Bung Hatta bersama pemimpin Indonesia lainnya sedang mengadakan konferensi pers, 1945

Menurut Bung Karno, penghargaan dan penilaian terhadap jurnalis itu macam-macam. Ada yang memujinya setinggi langit, seperti Mark Twain, tapi ada yang ada yang membencinya serendah sampah.

Presiden RI Pertama Ir Soekarno. (foto :Antara/IPPHOS)

“Sebaliknya jikalau kita bertanya kepada Rudyard Kipling, — Saudara-saudara mengetahui nama Rudyard Kipling, hai mahasiswa-mahasiswa, sebab saja tahu kebanyakan Saudara-saudara belum membaca Rudyard Kipling, paling-paling mengetahui, wah, Rudyard Kipling itu yang menulis “East is east and west is west and never the twain shall meet”, — Rudyard Kipling menyebutkan “Press, that old black art; that old black artcalled the press,” kata Bung Karno.

Menurut Rudyard Kippling, pers merupakan seni hitam; selain alat penerangan atau pemberi informasi juga sebagai senjata untuk menyerang lawan para pemilik pers (memanipulasi pembaca dan pemirsanya).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *