oleh

Daftar Kesalahan Makan yang Harus Dihindari saat Berbuka Puasa Ramadan, No 1 Berbahaya!

KALIMANTANLIVE.COMRamadan merupakan bulan suci yang penuh berkah bagi umat Muslim. Di bulan ini, umat Muslim akan menjalani ibadah puasa selama 30 hari atau sebulan penuh. Selama sebulan ini, tentunya akan ada beberapa kebiasaan yang berubah. Salah satunya adalah kebiasaan makan dan minum.

Sayangnya, perubahan kebiasaan makan di bulan puasa pada seseorang ini tidak selalu sehat. Sebagian orang ada yang justru menjalani kebiasaan makan dan minum yang kurang sehat selama berpuasa. Hal ini tentu harus dihindari karena dapat menyebabkan masalah kesehatan.

# Baca Juga :Ngantuk saat Beraktivitas di Bulan Ramadan, Begini Cara Mengatasinya

# Baca Juga :Jadwal Imsak untuk Kalimantan Selatan Pekan Pertama Ramadan 1444 H

# Baca Juga :Sikat Gigi Siang Hari saat Berpuasa Ramadan Apa Boleh Ya? Ini Penjelasannya

# Baca Juga :Hukum Mengghibah saat Berpuasa Ramadan? Begini Penjelasannya

Puasa juga memiliki banyak manfaat, baik untuk spiritual maupun kesehatan. Salah satunya adalah menurunkan gula darah yang tinggi. Tubuh akan membantu memangkas tingginya gula darah selama puasa.

Bukan cuma itu, puasa juga kerap digunakan banyak orang untuk menurunkan berat badan. Sedangkan yang lainnya memanfaatkan puasa juga untuk menurunkan tingkat kolesterolnya.

Sayangnya, seringkali semua tujuan dan manfaat kesehatan itu pada akhirnya hanya jadi isapan jempol belaka.
Banyak orang yang berpuasa sulit untuk mengendalikan nafsu makannya saat sudah berbuka.

Untuk memaksimalkan manfaat kesehatan yang didapat dari puasa, ada beberapa kesalahan saat bersantap yang harus dihindari.

  1. Terlalu banyak minum manis
    Mungkin Anda beranggapan kalau minum-minuman manis akan membantu mengembalikan tenaga. Jika dikonsumsi dalam jumlah tepat, tentunya minuman ini akan bermanfaat untuk tubuh.

Sebaliknya, jika dikonsumsi berlebihan, justru akan membahayakan. Minumlah secukupnya.

  1. Terlalu banyak minum air putih
    Seringkali orang beranggapan setelah buka puasa mereka harus minum air sebanyak-banyaknya untuk menghilangkan haus.

Namun kenyataannya, minum terlalu banyak air justru tak baik karena akan membuat perut terlalu penuh, mual, dan lainnya. Minumlah secukupnya.

  1. Jangan buru-buru olahraga
    Jangan buru-buru olahraga di gym sesaat setelah berbuka. Sisihkan waktu setidaknya dua jam setelah berbuka untuk mengizinkan tubuh mencerna makanan.

Anda juga bisa olahraga setelah menunaikan salat tarawih.

  1. Buru-buru kunyah makanan
    Satu kesalahan yang kerap dilakukan saat berbuka adalah mengunyah dan menelan makanan terlalu cepat dalam kondisi yang masih kasar.

Selama puasa, perut pasti kosong sehingga pencernaan bekerja lebih lambat. Jika saat berbuka, Anda mengunyah makanan terlalu cepat dan menelannya dalam bentuk kasar, maka pencernaan harus bekerja ekstra untuk mencerna makanan Anda. Kunyah perlahan sampai lembut, jangan terburu-buru.

  1. Langsung makan dessert
    Langsung menyantap dessert mungkin akan terasa nikmat dan menyenangkan. Namun kenyataannya, langsung makan dessert saat berbuka justru akan membuat Anda merasa ngantuk. Beri jarak setidaknya dua jam setelah berbuka sebelum menikmati dessert.

  2. Makan makanan asin
    Mengutip Boldsky, menyantap makanan yang gurih dan asin akan membuat Anda merasa mudah haus. Sebaiknya makanlah pisang yang mengandung potassium dan mampu mengontrol rasa haus.

Editor : NMD
Sumber : Kalimantanlive.com/berbagai sumber