oleh

Pemkab Tala Dirikan Posko Haul Abah Guru Sekumpul, Dilengkapi Cek Kesehatan dan Tambal Ban

PELAIHARI, Kalimantanlive.com – Pemerintah Kabupaten Tanah Laut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel), tahun ini untuk pertama kali mendirikan Posko Haul Abah Guru Sekumpul.

Posko ini didirikan di tepi Jalan H Mistar Cokrokusumo di Desa Banyu Irang, Kecamatan Bati-bati. Desa ini berbatasan dengan Kota Banjarbaru yang menjadi akses utama jemaah menuju lokasi haul di Kota Martapura, Kabupaten Banjar.

BACA JUGA: Tak Cuma Aneka Makanan, Posko 18 Yayasan Al Muhajirin Martadah Sediakan Tambal Ban Hingga Urut Khusus Laki laki

BACA JUGA: Jelang Haul Guru Sekumpul, Penginapan di Tunggul Irang hingga Kawasan Sekumpul Mulai Ditempati Jamaah

Posko yang didirikan Sabtu (13/1/2024) ini dilengkapi berbagai fasilitas pelayanan kepada masyarakat khususnya jemaah yang akan mengikuti haul.

Pelayanan yang diberikan berupa makanan dan minuman. Kemudian ada juga pelayanan cek kesehatan sehingga jika ada jemaah yang mengalami gangguan kesehatan dapat ditangani setidaknya pada tahap awal.

Ada pula pelayanan tambal ban gratis sekaligus bengkel bagi jemaah yang kendaraan bermotornya mengalami masalah atau kekempesan ban.

Bahkan juga ada pelayanan terapi pijat atau urut. Jadi, jemaah yang merasa kelelahan dapat singgah dan diurut oleh tukang urut pilihan yang telah disiapkan di posko haul Pemkab Tala itu.

PJ Bupati Tala H Syamsir Rahman turut mencoba terapi urut di Posko Haul Pemkab Tala, Sabtu (13/1/2024). (Foto: Diskominfo Tala)

Pantauan di lapangan, sejak dibuka pada Sabtu kemarin hingga Minggu (14/1/2024) ini, posko tersebut banyak disinggahi jemaah yang melintasi Jalan H Mistar Cokrokusumo.

Jemaah yang melintasi jalur tersebut tak cuma jemaah dari Kabupaten Tala. Tapi, juga dari daerah tetangga yaitu Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) dan Kotabaru. Termasuk dari Grogot, Kalimantan Timur.

“Poskonya mantap, keren, lengkap pelayanannya. Banyak makanannya, bisa juga sambil cek kesehatan, juga bisa urut,” ucap Syamsudin, warga dari Sungai Danau, Kecamatan Satui, Tanbu.

Ia bersama rombongan menaiki kendaraan roda dua berangkat dari Sungai Danau sekitar pukul 07.00 WITA. Beberapa kali singgah di posko relawan di sepanjang jalan raya di Tala, termasuk singgah di Posko Haul Pemkab Tala tersebut.