oleh

Survei BI: Kredit Rumah Tangga Mulai Naik, Bank Umum Masih Jadi Sumber Pinjaman Teratas

Lalu, jenis pembiayaan lain yang diajukan adalah Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) 20,9% dari sebelumya 23,8%, kredit peralatan rumah tangga tercatat 15,2% dari sebelumnya 12,8%.

Kredit Pemilikan Rumah (KPR) menjadi 8% dibanding November 8,1%, dan kartu kredit menjadi 4,4% dari yang sebelumnya 4,3% Berdasarkan hasil survei periode Desember 2023, permintaan kredit rumah tangga yang terjaga terutama didukung oleh peningkatan pengajuan kredit peralatan rumah tangga.

BACA JUGA:
BI Kalsel Genjot Ekspor Kerajinan Purun dan Percepat Penurunan Stunting di Hulu Sungai Utara

Di sisi lain, rencana penambahan pembiayaan oleh rumah tangga ke depan diperkirakan meningkat. Hal ini terindikasi dari porsi responden yang berencana melakukan penambahan pembiayaan ke depan, tercatat sebesar 7,4% pada Desember 2023, meningkat dibanding bulan sebelumnya 6,9%.

Mengacu pada rencana waktu pengajuan pembiayaan, sebagian besar akan dilakukan pada 12 bulan ke depan, diikuti lebih dari 12 bulan, dan 3 bulan yang akan datang.

Pada rencana pengajuan pembiayaan rumah tangga ke depan, bank umum diperkirakan masih menjadi sumber utama pembiayaan sebesar 53,4% terpantau meningkat dibanding hasil survei periode sebelumnya 46%.

Sumber pembiayaan lainnya untuk memenuhi pembiayaan rumah tangga ke depan adalah koperasi 16,3% dan leasing 12,7%.